Thursday 3 October 2013

Mengenal Jenis-jenis Pipa PVC




Pipa PVC atau jenis pipa berbahan dasar Polyvinyl Chloride, pada dasarnya digunakan untuk kebutuhan penyaluran. Harganya yang murah, dan aplikasinya yang mudah, membuat jenis pipa ini sering digunakan untuk skala ringan. Tapi, tahukah Anda jika pipa PVC memiliki beberapa varian yang didasarkan atas kebutuhannya?
Tanpa membedakan brand atau ketebalan pipa PVC, secara umum pipa PVC memiliki 3 jenis. Hal ini didasarkan atas kebutuhan yang memungkinkan pipa digunakan dengan tekanan besar, kecil atau tanpa tekanan.
Jenis pipa PVC pertama adalah tanpa tekanan. Salah satu pipa jenis ini adalah pipa Wavin Lite. Pipa jenis ini umumnya digunakan untuk metode penyaluran tanpa tekanan. Dan bisa digunakan dalam berbagai kebutuhan seperti, saluran buangan air rumah, drainase, menyalurkan effuent dari septic tank dan lubang inspeksi sistem air buangan.
Dua jenis pipa lain adalah pipa PVC untuk saluran bertekanan. Umumnya tekanan ini didasarkan atas penggunaan pompa. Dalam hal ini terdapat dua jenis, pipa PVC tipe AW dan pipa PVC tipe D.
Jenis pipa AW merupakan tipe PVC bertekanan paling tinggi, jenis ini seperti produk Wavin Standard. Tipe AW dibuat khusus dengan bahan spesial, sehingga jenis pipa ini mampu menahan tekanan hingga 10 kg/cm­­­2.
Sementara untuk jenis pipa PVC D, umumnya digunakan untuk saluran air bertekanan tak lebih dari 5Kg/cm2. Kedua jenis pipa bertekanan ini umumnya digunakan untuk berbagai kebutuhan. Seperti untuk keperluan saluran air bersih, saluran pembuangan, saluran limbah, saluran irigasi, pipa ventilasi dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment